11 Tempat Wisata di Indonesia yang terkenal Angker

11 Tempat Wisata di Indonesia yang terkenal Angker

Miroopaper.com – Di Indonesia banyak terdapat tempat wisata yang menarik.
Salah satunya adalah tempat wisata yang berupa situs sejarah.
Selain menarik karena cerita sejarahnya tak sedikit pula yang tertarik karena cerita kisah mistis
yang menyertainya. Bagi anda yang tertarik dengan hal-hal yang menyeramkan atau mistis, berikut ini akan kita ulas 11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker.

1. Lawang Sewu Semarang

image : liputan6.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan ikonis yang terletak di kota Semarang.
Gedung ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai pembangunannya pada tahun 1907.
Pada awalnya Lawang Sewu merupakan kantor kereta api Belanda.
Disebut Lawang Sewu karena bangunan ini mempunyai pintu yang sangat banyak, walaupun sebenarnya jumlah pintunya tidak mencapai seribu (sewu).
Kisah mistis yang beredar di masyarakat tentang Lawang Sewu tak lepas dari sejarah Lawang Sewu itu sendiri. Pada jaman perang kemerdekaan Lawang Sewu merupakan salah satu medan pertempuran antara rakyat Indonesia melawan Jepang.
Selain sebagai markas tentara Jepang Lawang Sewu juga digunakan sebagai penjara dan tempat penyiksaan bagi pejuang Indonesia.
Tak heran banyak yang meninggal di penjara bawah tanah gedung ini akibat dari penyiksaan dan sempitnya penjara. Untuk penampakan makhluk halusnya sendiri biasanya terlihat noni Belanda dan Tentara Belanda.
Selain itu juga ada penampakan Genderuwo di salah satu ruangan yang berada di lantai bawah.
Tak hanya penampakan saja, warga yang tinggal disekitar Lawang Sewu juga kerap mendengar suara-suara. Seperti suara tentara berbaris, suara teriakan kesakitan dan suara wanita yang menangis.
Bagi anda yang penasaran dengan gedung Lawang Sewu ini bisa anda kunjungi mulai dari jam 07.00 – 21.00, Untuk harga tiket masuk anak-anak Rp. 5000, Dewasa Rp. 10.000.

2. Pantai Parangtritis Yogyakarta

image : jogja.tribunnews.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Pantai yang terletak di daerah Bantul Yogyakarta ini terkenal dengan legenda Nyi Roro Kidul.
Pantai yang berpasir hitam ini mempunyai pemandangan yang menarik, selain pemandangan laut lepasnya dan hijaunya perbukitan
disekeliling pantai disini juga ada gumuk pasir yang indah. Gumuk pasir ini adalah gundukan pasir yang berbentuk menyerupai gunung kecil.
Kepercayaan yang ada di sekitar wilayah pantai Parangtritis ini adalah adanya kerajaan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai penguasa gaib disekitar wilayah Yogyakarta.Dan pantai Parangtritis disebut sebagai pintu gerbang
menuju kerajaan gaib Nyi Roro Kidul. Jika berkunjug dipantai ini disarankan untuk tidak memakai baju warna hijau. Karena konon Nyi Roro Kidul sangat menyukai warna hijau jadi jika ada pengunjung yang memakai bahu warna hijau akan ‘diambil’ oleh Nyi Roro Kidul untuk masuk ke kerajaannya.

3. Desa Trunyan Bali

image : sinarharapan.net (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Desa Trunyan terletak di di daerah Kintamani di tepi Danau Batur.
Di Desa ini masyarakatnya mempunyai keunikan tersendiri, jika pada umumnya masyarakat Bali
akan mengkremasi atau mengubur orang yang meninggal lain halnya di Desa Trunyan ini.
Disini jasad orang yang sudah meninggal akan diletakkan didekat pohon trunyan tanpa dikubur.
karena pohon trunyan mengeluarkan aroma yang wangi sehingga jenazah yang diletakkan didekat pohon tersebut tidak berbau busuk.
Ketika jasad sudah terurai dan tinggal tulang belulang kemudian tulang belulang tersebut akan ditata dibagian bawah pura.
Bagi anda yang tidak terbiasa mungkin akan terasa sangat menyeramkan, akan tetapi justru hal itulah yang menjadi daya tarik untuk berwisata di desa Trunyan.

4. Benteng Vredeburg Yogyakarta

image : hipwee.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Benteng Vredeburg merupakan salah satu benteng yang berlokasi di kota Yogyakarta.
Benteng yang dibangun dibangun antara tahun 1767-1788 awalnya bernama Rustenburg, dan merupakan benteng peninggalan jaman Belanda.
Terletak diujung jalan Malioboro yang merupakan titik nol kilometer dari kota Yogyakarta.
walaupun terletak di dekat pusat kota dan ramai akan wisatawan banyak cerita mistis yang beredar
ditengah-tengah masyarakat. Cerita yang paling umum adalah adanya sosok noni Belanda yang berada didepan gerbang benteng. Selain itu terkadang ada suara derap langkah kaki serdadu Belanda yang berbaris, para serdadu tersebut terlihat tidak mempunyai kepala. Biasanya yang dapat melihat hal-hal gaib tersebut hanya satu atau dua orang saja, jadi apabila anda berkunjung di benteng vredeburg ini secara beramai-ramai mungkin hanya anda yang dapat melihat sosok-sosok tersebut, berani?

5. Alas Purwo Banyuwangi

image : jejakwisata.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Alas Purwo merupakan sebuah hutan yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di kota Banyuwangi. Hutan atau Alas (dalam bahasa Jawa) ini dipercaya sebagai pusat bertemunya berbagai makhluk halus yang berada di Nusantara.
Alas Purwo terkenal sebagai hutan yang sering digunakan untuk bersemedi, mencari pesugihan, dll. Jika anda berkunjung ketika malam 1 suro, anda akan dapat dengan mudah menemui orang yang bersemedi. Tujuan orang bersemedi disini ada bermacam-macam, ada yang ingin naik jabatan, mencari wangsit atau malah mencari ilmu hitam.
Biasanya tempat semedi tersebut berada di gua, ada banyak gua yang berada di Alas Purwo ini.
Gua tersebut antara lain gua Lowo, gua Mayangkara, gua Padepokan, gua Gajah.
Untuk anda yang berkunjung di Alas Purwo ini disarankan untuk berhati-hati dan menjaga sopan santun. Walaupun pemandangan di sini sangat indah akan tetapi jangan membuat kita terlena.
Masih ada satu mitos lagi, jika disini anda mendengar suara asing yang memanggil nama anda disarankan jangan menengok ke belakang, karena dikhawatirkan bahwa panggilan tersebut berasal dari makhluk halus yang ingin menculik anda.

6. Gunung Kawi Kabupaten Malang

image : terakurat.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Gunung Kawi berada di wilayah Kabupaten Malang Jawa Timur.
Tak bisa dipungkiri bahwa gunung Kawi ini terkenal sebagai tempat untuk mencari pesugihan.
Di lereng Gunung Kawi terdapat makam dari Eyang Jugo dan Eyang Sujo, keduanya adalah laskar pejuang Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda.
Eyang Jugo mendirikan padepokan di lereng Gunung Kawi tersebut dan Eyang Sujo adalah salah satu murid yang berguru di padepokan eyang Jugo.
Eyang Jugo sangat di hormati oleh masyarakat sekitar karena mengenalkan ajaran Islam serta membantu masyarakat sekitar dalam hal pengobatan.
Di sekitar makam Eyang Jugo dan Eyang Sujo terdapat sebuah pohon Dewandaru, yang konon dapat membawa keberkahan. Disini banyak pengunjung yang menunggu daun dewandaru yang jatuh utuk diambil, karena dipercaya jika daun pohon dewandaru tersebut
dibungkus dengan uang lalu dimasukkan ke dalam dompet akan memberikan keberhasilan dalam hal ekonomi. Jika anda berkunjung di gunung Kawi ini anda wajib membersihkan tubuh terlebih dahulu sebelum memasuki area pemakaman.
Dan tidak diperkenankan memiliki pikiran yang negatif, jadi pada intinya disini pengunjung harus bersih baik badan maupun pikiran.
Selain daun Dewandaru disini anda dapat juga untuk mencoba air suci dai guci kuno.
Konon air ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit serta membuat peminumnya awet muda.

7. Gunung Merapi

image : malangtimes.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Gunung Merapi merupakan salah satu Gunung berapi yang paling aktif di dunia.
Gunung yang berada di wilayah Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten ini dipercaya merupakan salah satu pusat kerajaan makhluk halus yang berada di pulau Jawa.
Gunung Merapi mempunyai beberapa tempat yang dianggap angker, mulai dari kaki gunung, lereng hingga sampai ke puncak.
Penduduk sekitar sangat menghormati tempat-tempat tersebut dan tidak berani menebang pohon, merusak atau berbuat maksiat dikawasan tersebut.
Dari banyaknya lokasi yang angker tersebut kawasan pasar bubrah yang dianggap paling angker.
Di kawasan pasar bubrah ini para pendaki sering mendengar suara gamelan ketika sedang beristirahat di tenda. Dan pada waktu malam hari para pendaki juga sering mendengar suasana yang ramai seperti pasar. Selain suara disini juga sering terlihat penampakan wanita yang berambut panjang, jin yang menyamar sebagai pendaki lain dengan jaket lengkap tapi berjalan dengan melayang dan juga pernah ada pendaki yang melihat pasukan perang tradisional Jawa dengan persenjataan yang lengkap. Maka dari itu jika kita sedang berkunjung disini diharapkan selalu menjaga norma, sopan santun dan menghargai adat istiadat setempat.

8. Hotel P.I Bedugul

image : atlasobscura.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Saat anda berlibur di daerah Bedugul dan menyukai pengalaman mistis atau yang berbau horor berkunjung di Hotel PI Bedugul mungkin bisa menjadi alternatif wisata anda.
Hotel PI Bedugul dulunya merupakan sebuah hotel yang indah dan megah.
Namun pada saat ini hotel tersebut sudah tidak beroperasi lagi, dan menjadi salah satu tempat yang menyeramkan di daerah Bedugul. Bangunan besarnya yang sudah memudar, cat yang terkelupas, serta bangunan yang sudah berlumut menambah seram suasananya.
Cerita mistis yang beredar mengenai hotel ini antara lain adanya hantu pekerja yang menjadi penunggu hotel ini.
Selain itu juga ada cerita tentang sosok gadis oriental yang kerap mengganggu pemuda yang lewat dijalan depan hotel. Yang tak kalah seram adalah adanya suara keramaian yang sering terdengar pada waktu malam hari.

9. Taman Nasional Baluran Kabupaten Situbondo

image : news.detik.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Taman Nasional Baluran terletak di daerah Banyuputih, Situbondo Jawa Timur.
Hutan Baluran sering juga dikenal sebagai Africa Van Java, karena kawasan ini mempunyai padang savana yang sangat luas mirip dengan kawasan savana di Afrika.
Dibalik pemandangannya yang indah dan eksotis, hutan Baluran juga mempunyai cerita mistis.
Hutan Baluran yang terkenal angker dapat diketahui dari banyaknya cerita horor yang beredar di masyarakat.
Mulai dari adanya makhluk yang sering menyeberang di jalan secara tiba-tiba sehingga menyebabkan kecelakaan sampai adanya suara-suara misterius dan aneh seperti suara tangisan yang didengar oleh para pengendara.
Banyak yang percaya bahwa aura mistis tersebut berasal dari tebing curam yang bernama Curah Tangis. Tebing Curah Tangis menyimpan cerita yang tragis, yaitu cerita pengkhianatan sepasang kekasih. Menurut cerita sang pria mendorong kekasihnya sampai jatuh ke dasar jurang hingga tewas. Selain itu ada juga cerita bahwa daerah ini dulunya menjadi lokasi pembunuhan orang-orang PKI. Jasad orang-orang PKI tersebut dibuang di dasar jurang Curah Tangis.

10. Gua Jepang Bandung

image : allindonesiatourism.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Gua Jepang berlokasi di Taman Hutan Raya juanda Bandung Jawa Barat, gua yang memiliki lorong yang gelap dan dinding yang dipenuhi dengan lumut ini
sangat berkesan angker. Suasana yang gelap serta udara yang terasa lembab dan pengap menambah suasana horor di gua ini.
Di gua Jepang ini terdapat 4 lorong untuk masuk yang konon lorong ke 2 dan ke 3 adalah lorong jebakan yang dibuat oleh Jepang sebagai pertahanan.
Jika anda ingin memasuki gua ini harus membawa senter, karena cahaya matahari tidak mampu menembus kegelapan gua Jepang ini.
Bangunan yang masih asli dan belum pernah ada renovasi sedikitpun menjadikan gua ini sangat otentik seperti waktu pertama kali dibangun.
Menurut cerita ketika pembangunan gua ini banyak korban dari pekerja Indonesia yang meninggal, mereka meninggal akibat sakit maupun akibat siksaan dari tentara Jepang.
maka tak heran jika kerap terdengar suara teriakan dan rintihan serta penampakan sosok makhluk halus yang bergentayangan di dalam gua.

11. Fort Rotterdam Makassar

image : dolandolen.com (11 tempat wisata di Indonesia yang terkenal angker)

Kota Makassar mempunyai banyak tempat wisata menarik yang dapat anda kunjungi.
Salah satunya adalah benteng Fort Rotterdam, yang lokasinya berada di Jl. Ujungpandang.
Desain bangunan benteng ini menyerupai kura-kura, yang mempunyai filosofi mampu bertahan di darat maupun air.
Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh raja Gowa, dulu nama benteng ini adalah benteng Jumpandang. Setelah kerajaan Gowa Kalah melawan VOC nama benteng ini berubah menjadi Fort Rotterdam. Benteng Fort Rotterdam merupakan saksi bisu dari perjuangan masyarakat Makassar melawan penjajah Belanda.
Dari peperangan tersebut menimbulkan banyak korban jiwa baik yang berasal dari tentara Belanda maupun dari rakyat Makassar sendiri.
Maka tak heran jika banyak cerita mistis mengenai benteng Fort Rotterdam.
Pernah pada suatu waktu ada beberapa pengunjung yang melihat disekitar bangunan benteng ada penampakan tentara Belanda yang berlumuran darah.
Selain itu ada juga penampakan hantu wanita yang bernama Sumiati, yang bunuh diri dengan cara gantung diri. Jika anda ingin mengunjungi benteng ini anda hanya perlu membayar seikhlasnya.
Dan jangan lupa untuk selalu menjaga sopan santun dimanapun kita berada ya.

Leave a Reply