Museum di Kota Semarang Yang Wajib Dikunjungi.

Museum di Kota Semarang yang wajib dikunjungi.

Bagi sebagian orang mendengar kata museum pasti langsung terpikir suatu tempat yang membosankan.
Karena bisaya museum hanya nerisi benda-benda yang kuno dan tidak menarik. Akan tetapi bagi anda yang menyukai tentang sejarah dan mempunyai jiwa petualangan, berkunjung di museum adalah salah satu sarana untuk menambah pengetahuan anda. Di Kota semarang sendiri mempunyai beberapa museum yang dapat anda kunjungi. Mulai dari museum sejarah, museum budaya sampai museum seni.
Berikut akan kami ulas museum di Semarang yang wajib dikunjungi.

1. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito (image : www.seputarsemarang.com)

Museum di Semarang yang wajib dikunjungi yang pertama adalah Museum Ronggowarsito.
Museum yang diresmikan pada tahun 1989 ini merupakan salah satu museum yang memiliki koleksi benda kuno yang banyak sekali. Koleksinya yang berjumlah ribuan itu mulai dari uang kuno, keris, batu meteorit, fosil, arca dan benda kuno lainnya. Koleksi tersebut rata-rata merupakan bagian dari sejarah di Jawa Tengah. Museum Ronggowarsito memiliki 4 bangunan gedung. Gedung A berisi tentang geologi dan geografi, gedung B berisi tentang peninggalan budaya dari jaman Hindu Budha, untuk gedung C berisikan tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan yang terakhir gedung D berisikan tentang pembangunan, tradisi nusantara, dan peralatan kesenian.
Untuk tiket masuk di museum ini cukup murah antara Rp. 2000 – Rp. 4000,-.
Jam buka : 08.00 – 15.30
Alamat : Jl. Abdulrahman Saleh No. 1 Kalibanteng Kidul, Semarang.

2. Museum Perjuangan Mandala Bhakti.

Museum Mandala Bhakti (image : jateng.tribunnews.com)

Museum perjuangan Mandala Bhakti merupakan museum yang berisikan tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Biasanya museum ini dikunjungi oleh pelajar yang mengadakan kegiatan study tour di kOta Semarang. Karena dengan mengunjungi museum ini diharapkan para pelajar generasi penerus bangsa tersebut dapat bertambah pengetahuannya akan sejarah Bangsa Indonesia. Dan diaharapkan juga bertambah rasa cinta ajan tanah air dan bangsanya. Museum perjuangan Mandala Bhakti terletak di pusat kota Semarang, tepatnya berada di Jl. MGR. Sugiyopranoto No. 1 Semarang. Jika anda melewati Tugu Muda pasti anda langsung dapat melihat museum ini. Museum ini mempunyai berbagai macam koleksi, ada yang berupa data, senjata, dokumentasi, dan lainnya. Bagi anda yang tertarik dengan senjata yang digunakan sewaktu perang kemerdekaan, disini anda dapat melihat senjata-senjata tersebut
mulai dari yang sederhana yaitu bambu runcing, tombak, panah sampai senjata modern seperti pistol, senjata mesin sampai meriam. Jika anda mengunjungi museum perjuangan Mandala Bhakti secara individu tidak akan dipungut biaya, akan tetapi jika anda datang berombongan akan dikenai biaya
yang digunakan untuk pemeliharaan gedung.

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa (image : https://www.menggapaiangkasa.com/)

Museum di Semarang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Museum Kereta Api Ambarawa.
Letak museum ini berada diluar kota Semarang, tepatnya di Jl. Panjang Kidul No. 1 Kecamatan Ambarawa.
Walaupun begitu museum ini wajib anda kunjungi karena dimuseum ini terdapat berbagai macam jenis lokomotif dari jaman dulu. Disini anda dapat menembah pengetahuan anda tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda. Bagi anda yang mempunyai hobi berfoto museum ini sangat cocok untuk anda, karena disini anda dapat berfoto dengan background kereta api kuno. Bagi anda yang ingin mempunyai sensasi menaiki kereta api uap disinilah tempat yang tepat untuk mencobanya. Rute kereta api dimulai dari Ambarawa sampai Bedono, jaraknya sekitar 35 Km, jika pulang pergi memakan waktu sekitar 1 jam. Jika anda ingin mencoba rute yang lebih pendek juga ada, yaitu rute Ambarawa-Tuntang dengan jarak 7 Km.
Harga tiket masuk: Anak-anak Rp. 5000, Dewasa Rp. 10.000
Jam buka : 08.00-17.00

4. Museum Rekor Indonesia ( MURI)

Museum Rekor Indonesia (MURI) ( image: muri.org )

Museum Rekor Indonesia mungkin agak berbeda dengan museum-museum sebelumnya.
Museum yang berlokasi di kawasan industri jamu jago ini dikhususkan untuk mengabadikan prestasi
dan rekor yang telah ditorehkan oleh warga Indonesia. Di museum ini banyak menyimpan foto dan dokumen yang berisi tentang rekor yang pernah dipecahkan oleh orang Indonesia, baik ditingkat nasional
maupun ditingkat dunia. Sampai saat ini MURI sudah mengoleksi sekitar 1300 rekor, selain menyimpan dokumentasi rekor nasional, di museum ini juga disimpan barang-barang yang berhubungan dengan Jamu Jago.
Lokasi : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 275 Semarang

5. Museum Jamu Nyonya Meneer

Museum Jamu Nyonya Meneer ( image : www.travel.detik.com )

Museum Jamu Nyonya Meneer berdiri sejak tahun 1984 dan merupakan museum jamu pertama yang ada di Indonesia. Museum ini didirikan untuk mengenang sosok Nyonya Meneer yang telah berjasa melestarikan jamu tradisonal. Disini anda dapat mengetahui berbagai macam jamu jamuan, bahan-bahan jamu, alat-alat pembuatan jamu dan cara pembuatan jamu.
Lokasi : Jl. Raden Patah NO. 191-199 Kota Semarang

6. Museum POLRI

Museum POLRI ( image : https://rioeuteamo.net/ )

Museum POLRI berlokasi di komplek AKPOL Semarang yang berada di jalan Sultan Agung Semarang.
Museum ini diresmikan pada tahun 2004 oleh KAPOLRI Drs. Dai Bachtiar, SH, museum yang semula merupakan museum AKPOL  ini lalu dikembangkan menjadi Museum POLRI. Museum POLRI menyimpan berbagai macam koleksi bersejarah, mulai dari foto, senjata, replika bom Bali, dan lainnya.
Jam buka : 07.00-15.00
Tiket gratis

7. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery ( image : metrojateng.com/adelukmono )

Semarang Contemporary Art Gallery berlokasi di kota Lama Semarang, tepatnya di Jl. Taman Srigunting No. 5-6 Semarang. Museum ini berisi karya seni dari para seniman dari seluruh Indonesia. karya seni yang ada mulai dari lukisan, sketsa, arsip, rekaman pertunjukan ataupun instalasi seni. Disini juga tersedia banyak spot foto yang menarik bagi anda yang mempunyai hobi berfoto.
Harga tiket masuk : Rp 10.000

8. Museum Lawangsewu

Museum Lawangsewu ( image :https://heritage.kai.id/ )

Lawangsewu merupakan salah satu bangunan ikonik dari kota Semarang. Gedung yang berlokasi di Jalan Pemuda Kota Semarang itu didirikan pada tahun 1904. Lawangsewu dulunya adalah kantor perkeretaapian milik Belanda. Dimuseum lawang sewu ini anda dapat melihat berbagai macam koleksi foto lawas kota Semarang. selain itu didini juga menyimpan berbagai macam koleksi perkeretaapian dari masa ke masa.
Jam buka : 07.00 – 21.00
Harga tiket ; anak-anak rp. 5000, dewasa Rp. 10.000

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply