Informasi CPNS Kabupaten Bandung 2021 : Pendaftaran dan Formasi

Informasi CPNS Kabupaten Bandung 2021 : Pendaftaran dan Formasi

Ilustrasi tes cpns 2021 – image : liputan6.com(Juni Kriswanto/AFP) – penerimaan cpns 2021 Kabupaten Bandung

Miroopaper.com – Pada penerimaan dan pendaftaran CPNS tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Bandung membuka pendaftaran untuk 2.543 formasi CPNS. Dari jumlah 2.543 tersebut akan dibagi untuk formasi pegawai pemerintah dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Yaitu sebanyak 492 untuk formasi PNS dan 2.051 untuk formasi PPPK. Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung Wawan Ridwan mengungkapkan bahwa formasi untuk PNS dan PPPK yang ditetapkan oleh Kemenpan RB tersebut jumlahnya relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah usulan dari Pemerintah Kabupaten Bandung. Berkurangnya berkisar antara 500 sampai 1000 formasi. Sebagian besar formasi CPNS dan PPPK didominasi untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidik. Untuk jadwal pelaksanaan penerimaan akan dimulai pada bulan Juni 2021, untuk kepastian tanggalnya pihak BKPSDM Kabupaten Bandung masih menunggu informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Selain dengan BKN, BKPSDM Kabupaten Bandung juga berkoordinasi dengan instansi lainnya dalam pelaksanaan seleksi.
Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan seleksi, dikarenakan masa pandemi covid-19 yang belum berakhir. Walaupun kepastian tangga pendaftaran CPNS dan PPPK belum pasti, tak ada salahnya bagi anda yang berminat mengikuti seleksi untuk bersiap diri. Untuk tenaga honorer di Pemerintah Kabupaten Bandung yang berjumlah 4000 orang dapat mengikuti seleksi CPNS dan PPPK tersebut sesuai dengan persyaratan semua pendaftaran dilakukan melalui website resmi BKN yaitu sscasn.bkn.go.id. Di website tersebut anda akan diminta untuk memasukkan data pribadi yang masih berlaku dan sejumlah dokumen lainnya. Menilik dari tahun lalu, proses penerimaan CPNS dibagi 3 tahap . Yang pertama adalah seleksi administrasi, kedua seleksi kompetensi dasar (SKD)
dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang di selenggarakan oleh BKN, dan Seleksi yang terakhir yakni seleksi kompetensi Bidang yang juga dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang di selenggarakan oleh BKN. Sedangkan untuk seleksi PPPK guru akan diadakan seleksi lagi yaitu seleksi kompetensi CPPPK guru dengan menggunakan metode Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek.
Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung Wawan Ridwan juga menerangkan untuk seleksi CPNS dan CPPPK 2021 Kabupaten Bandung akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei-13 Juni 2021.
Pendaftaran seleksi pada tanggal 31 Mei-21 Juni 2021, Seleksi administratif dan pengumuman hasil akan dilaksanakan 1 Juni-30 2021 Juni, masa sanggah pada tanggal 1-1 Juli 2021. Selanjutnya untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CAT BKN pada bulan Juli sampai bulan September 2021, seleksi PPPK non guru (CAT BKN) pada bulan Juli-September 2021. Untuk seleksi kompetensi PPPK guru (UNBK Kemendikbud Ristek) dilaksanakan pada Agustus sampai dengan Desember 2021, seangkan untuk pelaksanaan SKB CPNS akan dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2021. Untuk pengumuman akhir dan masa sanggah pada bulan November 2021 dan yang terakhir untuk penetapan NIP CPNS dan nomor induk PPPK akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021. Bagi anda yang ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS dan PPPK diharapkan selalu waspada. Jangan tergiur oleh tawaran yang bisa menjadikan anda menjadi CPNS atau PPPK Kabupaten Bandung dengan memberikan imbalan sejumlah uang. Proses penerimaan CPNS dan PPPK di Kabupaten BandungĀ  tahun 2021 dilaksanakan secara terbuka dan transparan, dan yang pasti tidak dipungut biaya sepeserpun. Oleh karena itu jika ada pihak yang menawarkan atau menjanjikan menjadikan anda menjadi CPNS atau PPPK Kabupaten BandungĀ  dipastikan itu adalah penipuan.

Untuk mendaftar seleksi CPNS 2021 di Kabupaten Bandung, pendaftar harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut.

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun, ketentuan lebih lanjut akan diumumkan kemudian dan diatur pada portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id).

3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta

5. Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah

6. Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis

7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan Persyaratan Jabatan yang dilamar

8. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): lulusan perguruan tinggi negeri minimal 2,75 dan lulusan perguruan tinggi swasta minimal 3,00

9. Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun, minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.

10. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan

11. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah memperoleh penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pendidikan tinggi

12. Menguasai Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediction dalam 2 tahun terakhir dengan nilai minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/TOEIC minimal 405/IELTS minimal 5,5)

13. Bagi pelamar pria dan wanita dilarang memiliki tato dan bagi pelamar pria dilarang memiliki tindik.

Untuk pendaftar diwajibkan untuk memiliki akun yang terdaftar dalam situs sscn.bkn.go.id. Pendaftar yang pernah mengikuti seleksi CPNS di tahun sebelumnya, hanya tinggal melakukan login.

Bagi yang belum terdaftar NIK pada situs sscn.bkn.go.id terlebih dahulu melakukan registrasi. Untuk lebih lengkapnya, simak tahapannya berikut ini.

1. Buka situs/portal resmi sscn.bkn.go.id

2. Kemudian isi NIK, Nomor KK atau NIK kepala keluarga, isi alamat email dan kata sandi serta pertanyaan pengaman dan unggah pas foto minimal 120 kb dengan maksimal 200 kb kemudian cetak kartu informasi akun.

3. Login kembali ke sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan kata sandi yang telah terdaftar

4. Unggah foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun

5. Lengkapi Biodata

6. Memilih instansi, jenis formasi dan jabatan (pelamar hanya dapat memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan

7. Pastikan resume, data yang telah terisi, instansi, formasi dan jabatan telah dipilih dengan tepat

8. Cetak kartu SSCN sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran CPNS

Pendaftaran CPNS Kabupaten Bandung Tahun 2021 Untuk lulusan SMA, D3, S1

Pertama, pelamar harus melakukan pendaftaran online di portal website BKN https://sscn.bkn.go.id dan mengisi formulir yang berada di website tersebut dengan menggunakan data kependudukan yang masih berlaku baik KTP ataupun KK.

Untuk informasi lebih lanjut kami akan segera update tentang Penerimaan dan pendaftaran CPNS Kabupaten Bandung Tahun 2021 jika telah ada informasi dari BKN.

 

Leave a Reply