Soto Ayam Khas Semarang Yang Enak dan Sedap.

Soto Ayam Khas Semarang Yang Enak dan Sedap.

Kota Semarang selain terkenal dengan lumpianya juga terkenal akan sotonya. Banyak warung soto yang terkenal enak dan sedap di Semarang. Soto menjadi salah satu makanan yang favorit. Karena dapat disantap mulai dari anak-anak sampai orang tua.
Baiklah mari kita ulas satu persatu Soto Ayam Khas Semarang yang enak dan sedap.

1. Soto Ayam Bangkong

Soto Ayam Bangkong (image : travelingyuk.com)

Soto Ayam Bangkong terletak di dekat perempatan Jl. Brigjend Katamso No. 1 Semarang.
Untuk warga semarang lebih terkenal dengan perempatan Bangkong.  Soto ini sudah berdiri selama 60 tahun, hmm..sudah lama sekali ya. Tak heran jika soto bangkong ini menjadi salah satu warung soto yang legendaris di Semarang. Bagaimana soto ayam bangkong bisa bertahan begitu lama ya? Tak lain dan tak bukan karena rasa sotonya yang enak dan khas.
Apa yang membuat khas dari soto Ayam Bangkong ini? Salah satu yang membuat khas soto Ayam Bangkong ini karena kecapnya. Kecap soto ayam Bangkong sangat khas karena diproduksi sendiri.
Untuk kecapnya tidak terlalu kental dan rasanya lain dari produksi pabrik.
Selain kecap salah satu yang khas adalah daging ayam kampungnya, daging ayam kampung yang biasanya alot di potong kecil-kecil. Karena dipotong kecil-kecil itulah daging ayamnya menjadi lebih mudah dinikmati. Ditambah perpaduan yang pas dari irisan tomat, taoge, bihun, taburan bawang putih goreng dan kuah yang segar, menjadikan soto Ayam Bangkong menjadi salah satu soto yang paling dicari di Semarang. Untuk lauknya disini ada tempe goreng,tahu goreng, perkedel kentang, sate ayam,sate telur puyuh.
harga soto bangkong Rp. 15.000/porsi
Buka jam : 07.00 – 22.00

2. Soto Ayam Bokoran

Soto Ayam Bokoran (image : teaforbreak.com)

Soto Ayam Bokoran merupakan salah satu warung soto yang tertua di Semarang. Warung soto ini sudah buka sejak tahun 1949, 4 tahun setelah Indonesia merdeka. Walaupun begitu untuk rasanya dijamin masih otentik seperti dulu.
Hal itu dikarenakan resepnya yang tidak berubah dan terus diturunkan sampai generasi sekarang.
Soto ayam Bokoran mempunyai rasa yang khas, yang paling kentara adalah dari warna kuahnya yang kecoklatan. Warna kuah yang agak kecoklatan tersebut ternyata berasal dari kuah sate yang dimasukkan ke kuah soto. Kuahnya yang segar dan gurih menjadi lebih nikmat ketika ditambahkan dengan taburan bawang goreng. Suwiran daging ayamnya yang empuk dan gurih menambah cita rasa soto Bokoran. Untuk lauknya di sini juga tersedia tempe goreng, perkedel, sate ayam, sate telor puyuh dan sate kerang.
Harga : soto ayam Rp 12.000 ,Lauk : dari Rp.2000 – Rp. 6000
Buka jam 06.00 – 14.00

3. Soto Ayam Pak Man

Soto Ayam Pak Man (Image:travelingyuk.com)

Jika anda sedang berkunjung ke Semarang jangan lupa mampir di Warung soto Pak Man.
Warung soto Pak Man ini mempunyai banyak cabang lho.
1. Jl. Purwosari Raya, Rejosari
2. Jl. Pamularsih Raya No.32, Salamanmloyo
3. Jl. Veteran No.26, Randusari
4. Jl. Tlogosari Raya I No. 61 A, Pedurungan
5. Jl. Perintis Kemerdekaan No.295.

Soto ayam Pak Man disajikan dimangkuk kecil yang pasti pas buat perut kita. 1 mangkuk kecil ini berisi nasi,bihun,suwiran ayam,daun bawang,bawang goreng,taoge,irisan tomat dan disiram dengan kuah bening yang bakal membuat anda ketagihan karena rasa gurihnya.
Dengan ditemani berbagai macam lauk seperti sate ayam,sate telur puyuh,sate kerang, perkedel, tempe goreng, tahu bakso,sate usus pasti bakal menambah nafsu makan anda.
Harga : Soto ayam Rp 16.000
Buka jam : 07.00 – 17.00

4. Soto Ayam Pak No

Soto Ayam Pak No (image : business.google.com)

Soto ayam Pak No berlokasi di Jl. MH. Thamrin No. 28 Semarang. Warung soto ini mempunyai ciri khas yaitu untuk pelayannya selalu memakai seragam batik.
Selain itu soto Pak No ini adalah satu-satunya warung soto yang buka 24 jam lho. Jadi jika anda pada waktu malam ingin makan soto bisa langsung berkunjung di warung soto Pak No.
Untuk sotonya sendiri disediakan di mangkok kecil dengan kuah yang gurih dan agak kental.
Isinya sendiri terdiri dari nasi, soun, suwiran ayam, daun bawang, bawang goreng.
Berbagai lauk pelengkap juga tersedia, seperti sate ayam, sate kerang, sate telur puyuh, tempe goreng dan perkedel.
Jam buka : 24 Jam

5. Soto Ayam Dargo Pak Wito

Soto Ayam Pak Wito (image : picbabun.com)

Soto Ayam Dargo Pak Wito mempunyai 9 cabang di Kota Semarang, salah satu cabang yang terbesar ada di Jl. Hasanudin Semarang. Soto ayam Pak Wito juga dikenal dengan soto ayam Dargo karena dahulu soto ini berjualan di Jalan Dargo Semarang. Sebagai salah satu penjual soto khas Semarang, soto Pak Wito mempunyai kuah yang bening dan aroma bumbu rempah yang kuat.
Untuk isinya terdapat soun, kecambah, suwiran ayam, daun bawang, dan ditaburi bawang putih goreng dan semakin mantap jika anda tambahkan jeruk nipis, sambal dan kecap manis.
Sebagai pelengkap makan anda ada bermacam lauk yang bisa anda nikmati, antara lain sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang, sate telur puyuh, tahu, tempe dan lainnya.
Buka Jam : 07.00 – 22.00
Harga : Soto Rp. 10.000, Gorengan mulai Rp. 1000, Sate Rp. 6000

6. Soto Ayam Pak Muri

Soto Ayam Pak Muri (image : https://soto-ayam-pak-muri.business.site/)

Bagi para pegawai kantor di sekitar stadion Diponegoro Semarang pasti sudah tidak asing dengan soto Pak Muri. Warung soto yang sudah buka sejak tahun 1986 ini bisa dikatakan sebagai salah satu warung soto yang legendaris. Walaupun dikelola secara turun temurun untuk rasanya masih sama seperti dulu. Seperti soto pada umumnya, soto Pak Muri terdiri dari nasi, suwiran ayam, daun bawang, bawang goreng , taoge dan soun. Lalu disiram dengan kuah panas yang gurih dan beraroma khas bumbu rempahnya yang lezat. Dan tak lupa untuk lauknya juga ada sate ayam,sate puyuh, sate kerang, perkedel dan tempe goreng.
Alamat : Jl. Ki Mangun Sarkoro, Karang Kidul Semarang
Buka : Jam 07.00 – 16.00

7. Soto Ayam Bu Nik Pekunden

Soto Ayam Bu Nik (image : https://jateng.tribunnews.com/)

Soto ayam Bu Nik berlokasi di Jalan Batan Selatan, Pekunden Semarang.
Karena lokasinya yang strategis dan berada ditengah kota biasanya pada saat jam makan siang warung soto ini selalu penuh pengunjungnya.
Dengan harga yang cukup murah akan tetapi kelezatan sotonya tidak kalah dengan soto lainnya.
Soto Bu Nik mempunyai ciri khas yaitu kuahnya yang bening dan lumayan kental.
Untuk lauknya sendiri sama seperti warung soto lainnya, ada sate ayam, sate telur puyuh, sate jeroan, tempe dan perkedel.
Jam buka : 10.00 – 17.00

8. Soto Ayam Selan

Soto  Ayam Selan (image : Instagram.com/primusmulyono01)

Soto ayam Selan sudah ada sejak tahun 1956, walaupun begitu sampai sekarang cita rasa soto ini masih tetap terjaga. Berlokasi di jalan Depok No. 36 D Semarang warung soto Selan selalu dipenuhi dengan pengunjung. Banyak diantara pengunjung yang dahulu merupakan warga semarang tetapi sudah pindah ke kota lain, dan ketika pulang atau mampir di Semarang ingin bernostalgia dengan menikmati soto Selan.
Soto ayam Selan mempunyai ciri khas yaitu kuahnya yang kecoklatan karena kuah soto ini dicampur sedikit dengan kuah sate ayamnya. Sebagai lauknya anda bisa mencoba sate telur ayam pindang yang rasanya bisa memanjakan lidah anda. Selain itu ada juga lauk lainnya yang bisa anda coba.
Jam Buka : 06.30 – 14.30

9. Soto Ayam Pak Darno

Soto Ayam Pak Darno (image : https://picbabun.com/)

Soto ayam Pak Darno merupakan salah satu warung soto legendaris di kota Semarang.
Disebut legendaris karena Warung soto ini sudah buka sejak 40 Tahun yang lalu.
Berlokasi di tengah kota tepatnya di Jalan Thamrin no. 88 menjadikan warung soto ini mudah untuk dikunjungi. Untuk sotonya Pak Darno masih meracik sendiri, sama seperti 40 tahun yang lalu. Pak Darno dibantu asistennya hanya untuk melayani pembeli saja.
Soto ayam Pak Darno mempunyai tampilan yang khas yaitu kuahnya yang kecoklatan dan mempunyai rasa yang gurih. Suwiran daging ayam yang empuk serta kombinasi dari soun, daun bawang, seledri dan bawang goreng menambah sedap cita rasanya. Untuk satenya disajikan di mangkuk yang berisi kuah sate yang agak kental. Selain sate untuk lauknya juga ada tempe goreng, tahu goreng, perkedel.
Jam Buka : 06.00-20.30

Leave a Reply