Tempat Wisata Magelang Terbaru dan Populer

Tempat Wisata Magelang Terbaru dan Populer

Miroopaper.com – Magelang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah.
Kota yang dikelilingi pegunungan ini memiliki panorama yang indah.
Ada bermacam-macam tempat wisata yang dapat anda kunjungi di kota Magelang.
Dari wisata alam baik pegunungan maupun sungai, wisata budaya, wisata sejarah dan masih banyak lagi. Untuk itu mari kita ulas beberapa tempat wisata di magelang terbaru dan populer.

1. Candi Borobudur

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Candi Borobudur (image : Google Maps/Johannes Braun)

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang berada di indonesia.
candi yang terletak di Jl. Badrawati Kecamatan Borobudur Magelang ini selalu ramai dikunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.
Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan merupakan warisan budaya yang sudah diakui oleh UNESCO. Dibangun pada masa Dinasti Syailendra sekitar tahun 780-840 M candi Borobudur digunakan sebagai tempat pemujaan dan tempat ziarah.
Sebelumnya candi Borobudur ini terkubur didalam tanah dan pada tahun 1814 ditemukan oleh pasukan Sir Thomas Stanford Raffles. Jika anda baru berkunjung pertama kali di candi Borobudur dari parkiran bus atau mobil anda dapat membeli tiket masuk terlebih dahulu.
setelah itu anda bisa menuju ke halte yang menyediakan alat transportasi berupa mobil kereta untuk menuju ke lokasi candi. Bagi anda yang berkunjung pada waktu siang hari jangan lupa untuk membawa payung ya, karena Pada waktu siang hari cuaca di Candi Borobudur panasnya sangat menyengat, tapi bagi yang tidak membawa payung jangan khawatir disini ada juga jasa untuk penyewaan payung. Setelah berkeliling dan menikmati kemegahan candi Borobudur anda bisa beristirahat sejenak ditaman rumput disekitar candi.
Untuk menuju ke area parkir dari sini anda hanya bisa berjalan kaki saja, karena untuk alat transportasinya hanya digunakan untuk menuju ke candi saja.
Akan tetapi jika anda sudah merasa lelah untuk berjalan, di area taman tersebut ada jasa penyewaan mobil VW dan andong.  Jika anda memilih naik andong, anda akan diajak berkeliling desa di sekitar candi Borobudur.
Ditengah perjalanan naik andong tersebut anda akan diajak berhenti sejenak ke sebuah tempat seperti rumah jawa untuk menikmati jamu.
Setelah berhenti sekitar 15 menit perjalanan naik andong dilanjutkan kembali dan langsung menuju ke tempat parkir mobil/bus.
Jam buka : 06.00-17.00
Harga tiket : dewasa Rp. 50.000, anak umur 3-10 tahun Rp. 25.000

2. Arung Jeram Sungai Elo

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Arung Jeram Sungai Elo (image : https://progorafting.com/)

Anda menyukai wisata yang agak ekstrim?jika iya disinilah tempat yang cocok bagi anda yang mempunyai jiwa petualang.
Wisata arung jeram sungai Elo merupakan wisata dengan menyusuri aliran sungai Elo di Magelang.
Sungai yang berlokasi di Kabupaten Magelang ini mempunyai grade atau tingkat kesulitan yang rendah. Jadi bagi anda yang masih awam dengan kegiatan arung jeram tidak perlu khawatir untuk mencobanya, karena saat kita raftingdipan du oleh pemandu rafting yang sudah profesional.
Untuk jarak tempuh arung jeramnya sekitar 12 Km, waktunya sekitar 2,5 – 3 jam.
Ditengah perjalanan kita akan berhenti sejenak untuk menikmati kelapa muda dan jajanan tradisional yang telah disediakan oleh pihak operator.
Untuk paket rafting di sungai Elo dibanderol mulai Rp. 750.000 yang bisa diisi 6 orang.
Bagaimana?menarik bukan, jika anda sedang di Magelang jangan lupa untuk mencoba rafting di sungai Elo ini ya.
Jam buka : 08.00 – 16.00

3. Gunung Andong

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Gunung Andong – (image : https://www.datawisata.com/)

Gunung Andong terletak diketinggian 1726 m eer diatas permukaan laut.
Gunung ini berada di perbatasan antara kota Magelang, Salatiga dan Kabupaten Semarang.
Bagi anda yang ingin mendaki gunung ini ada 2 jalur pendakian yang bisa anda pilih.
Jalur pertama yaitu lewat Sawit dan jalur yang kedia yaitu lewat Pendem.
Pada akhir pekan gunung Andong dipastikan ramai oleh pendaki, Saking ramainya ketika di puncak jika para pendaki berpapasan berlawanan arah dapat menyebabkan kemacetan.
Disini pendaki dapat menikmati sunrise, melihat samudera awan, menikmati pemandangan puncak Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Pegunungan Telomoyo, gunung Tidar dan pegunungan Menoreh.
Di Gunung andong ini juga terdapat air terjun Sumuran, air terjun yang mempunyai ketinggian 30 meter ini berada di Desa Seloprojo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.
Air terjun ini mempunyai ciri khas yaitu bebatuannya yang mirip tangga yang dialiri air.
Bagi anda yang ingin berkemah di Camping Ground Gunung Andong disarankan untuk berangkat dari basecamp desa pendem sekitar pukul 3 sore dan nanti anda akan tiba di camping ground sekitar jam 5 sore.
Tapi bagi anda yang hanya ingin menikmati suasana sunrise di puncak gunung Andong disarankan untuk berangkat pukul 3 pagi. Sehingga anda dapat sampai dipuncak pukul 5 pagi dan tidak perlu menunggu lama untuk menikmati sunrise.
Tiket Masuk Gunung Andong : Rp 4.000 per orang
Lokasi: Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

4. Ketep Pass

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Ketep Pass – (image : https://camerawisata.com/)

Jika anda ingin menikmati pemandangan Gunung Merapi disinilah tempat yang tepat untuk melihatnya. Karena Ketep Pass ini berada di puncak bukit antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Ketep Pass sendiri berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut, lumayan tinggi bukan? Pemandangan yang hijau khas pegunungan niscaya dapat menentramkan hati anda.
Udaranya yang sejuk dan semilir angin yang berhembus seakan mengajak anda untuk bersantai sejenak menghilangkan penat. Selain dapat menikmati keindahan alam, disini juga terdapat berbagai macam makanan khas pegunungan. Misalnya Jagung bakar, ubi rebus, strawberry dan lainnya. Ketep Pass dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk pengunjung.
Ada gardu pandang, Ketep Volcano Center, Ketep vulcano Theatre, Restoran, arena bermain anak dan mushola.
Tiket Masuk: Rp8.000 per orang; Rp7.000 (volcano teater), Rp3.000 (teropong)
Rp2.000,00 (parkir motor), Rp5.000 (parkir mobil), Rp7.000 – Rp12.000 (parkir bis)
Lokasi: Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

5. Sendang Mudal

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Sendang Mudal -(Image : Sudarmonoarif)

Sendang Mudal berlokasi di Dusun Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan,Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bagi anda yang ingin mengunjungi sendang Mudal ini mungkin agak kebingungan, karena sendang ini memang tidak dikelola secara resmi sebagai tempat wisata.
Sendang ini sejatinya adalah sumber mata air alam dan mempunyai kolam air yang sangat jernih.
Sumber mata air Sendang Mudal ini digunakan oleh warga sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk kolamnya sendiri memang tidak dalam, hanya sebatas pinggang orang dewasa.
Letaknya yang berada di tengah persawahan dapat membuat kita betah berlama-lama untuk berenang.
Selain untuk mandi dan berenang, para pengunjung biasanya suka berfoto dibawah air.
Jadi bagi anda yang suka dengan tempat wisata yang agak sepi dan masih alami Sendang Mudal ini tempat yang cocok untuk anda kunjungi.
Tiket masuk : –
Jam buka : –

6. Curug Silawe

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Curug Silawe – (image : KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)

Curug Silawe berlokasi di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempatnya masih alami dan asri serta belum banyak pengunjungnya sehingga anda dapat menikmati keindahannya dengan nyaman.
Suasana khas pegunungan langsung menyapa kita begitu memasuki area curug.
Suara burung berkicau dan angin yang bertiup sepoi-sepoi serta diiringi oleh gemericik air terjun dapat membuat tenang jiwa anda. Curug Silawe berada di sudut tebing dan dikelilingi perbukitan hijau yang asri. Fasilitas jalan menuju lokasi curug ini sudah bagus dan mulus akan tetapi ketika dekat lokasi jalannya agak menanjak. Jadi pastikan dahulu kondisi mobil atau motor anda sebelum berkunjung ke curug Silawe ini.
Tiket masuk : Rp6.000 per orang
Jam buka : 08.00 – 17.00

7. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Pemandian Air Hangat Candi Umbul – (image : Tribun Jogja/ Hamim Thohari) 

Candi Umbul merupakan salah satu situs budaya yang berada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Situs yang berupa pemandian air panas alami ini dibangun oleh wangsa Syailendra, dan berada di sebuah kompleks candi.
Jadi candi Umbul ini adalah sebuah candi yang dibangun dilokasi sumber air panas alami.
Di pemandian candi Umbul ini terdapat 2 kolam, kolam yang pertama terletak di sebelah atas dan merupakan kolam air panas yang mengandung belerang. Untuk kolam yang kedua berada di sebelah bawah yang berisi air yang dingin.
Kolam disini dibangun dengan batu andesit seperti yang dibuat untuk bangunan candi, dengan dihiasi berbagai macam ukiran relief tumbuhan dan binatang
yang terdapat pada batu andesit tersebut anda akan merasakan sensasi yang berbeda jika berenang atau sekedar berendam disini. Dengan suasana yang sejuk dan tenang anda dapat betah berlama-lama memanjakan diri anda di kolam air hangat ini.
Tiket Masuk: Rp3.000 per orang
Lokasi: Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Jam Operasional: 06.00 – 18.00

8. Air Terjun Goa Slandak

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Air Terjun Goa Slandak – (image : pinteres.com)

Bagi anda yang menyukai wisata alam atau trekking mungkin anda bisa mengunjungi air terjun Goa Slandak ini. Air terjun Goa slandak berlokasi di area hutan pinus, jadi selain dapat menikmati keindahan air terjunnya anda juga dapat menikmati keindahan hutan pinus disekeliling air terjun. Di area ini terdapat 2 air terjun.
Pada bagian atas terdapat air terjun Kedung Bunder, ketinggian air terjun ini sekitar 3 meter.
Untuk air terjun yang kedua berada di area bawah, yang bernama air terjun Goa Slandak.
Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter, anda bisa bermain air disini karena arus sungainya tidak terlalu deras. AIrnya yang segar alami dari pegunungan dapat membuat anda betah berlama-lama untuk bermain air disini.
Tiket Masuk: Rp3.000 per orang, Rp2.000 (parkir motor), Rp5.000 (parkir mobil)
Lokasi: Dusun Grogol, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

9. Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Gereja Ayam – (image : https://visitmagelang.id/)

Lokasi gereja ayam ini sekitar 3,5 km dari candi Borobudur, gereja yang dibangun sekitar tahun 90 an ini sebenarnya bukan tempat ibadah untuk umat nasrani saja.
Karena disini juga terdapat mushola, dan disediakan pula tempat ibadah untuk agama Hindu dan Buddha. Jadi pembangunan gereja ini dimaksudkan untuk tempat ibadah bagi semua agama.
Yang menarik dari gereja ini adalah bangunannya yang berupa ayam yang seperti sedang mengerami telur diatas bukit.
Bangunannya terdiri dari 3 lantai, lantai dasarnya berupa aula yang luas, dengan banyak ventilasi pada bagian sampingnya.
Lantai 2 berukuran lebih sempit jika dibandingkan dengan lantai dasar, disini anda dapat melihat gambar-gambar mural yang dilukis didindingnya.
Yang terakhir adalah lantai 3, lantai 3 ini berbentuk seperti kepala ayam bermahkota, disini anda dapat menikmati keindahan pemandangan dari puncak bangunan gereja ini.
Akan tetapi jika anda melihat pemandangan dari sini hanya akan terlihat sebagian saja, karena ada bagian yang terhalang oleh bangunan gereja.
Jika anda ingin melihat pemandangan 360 derajat, maka anda harus naik ke atas mahkota, disini anda dapat melihat pemandangan sekeliling gereja dengan leluasa.
Setelah puas melihat pemandangan dari atas mahkota jangan lupa ketika turun untuk melihat ruang bawah tanah, disinilah terdapat mushola dan ruangan berdoa untuk umum.
Untuk fasilitas disini sudah lengkap, ada toilet, mushola,dan cafe yang berada dibagian ekor bangunan.
Tiket Masuk: Rp5.000 per orang
Lokasi: Dusun Gembong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

10. Punthuk Mongkrong

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Punthuk Mongkrong – (Image : @ahmad_ghufron)

Punthuk Mongkrong lokasinya juga dekat dengan candi Borobudur, objek wisata yang berada diketinggian 624 Mdpl ini merupakan salah
satu punthuk yang tertinggi dibandingkan punthuk lainnya yang berada disekitar candi Borobudur.
Pemandangan yang tersaji di punthuk Mongkrong ini sangat indah. Disini anda akan melihat pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.
Disini terdapat sebuah jembatan berbentuk huruf V yang sering digunakan pengunjung untuk berfoto. Jembatan ini terbuat dari bambu dan dibuat menjorok ke arah jurang dengan latar belakang pemandangan yang indah.
jika anda ingin menikmati keindahan pemandangan matahari terbit selain dari Candi Borobudur, disinilah tempat yang cocok bagi anda untuk menikmatinya.
Tiket Masuk: Rp3.000 per orang, Rp2.000 (parkir)
Lokasi: Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

11. Hutan Pinus Kragilan

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Hutan Pinus Kragilan – (image Eddy Santry)

Hutan Pinus Kragilan merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi anda yang suka berfoto.
karena disini terdapat banyak spot-spot foto yang menarik.Deretan pohon pinus yang berjejer rapi dan ditambah pemandangan bukit yang berada disekitar hutan pinus menambah daya tarik tempat wisata ini.
Keindahan Hutan Pinus Kragilan akan lebih terasa jika anda berkunjung pada saat pagi atau sore hari. Sebab pada waktu-waktu tersebut sinar matahari akan menerobos batang dan daun hutan pinus dari arah samping dan akan sangat indah jika digunakan untuk latar belakang foto.
Untuk fasilitas disini sudah cukup lengkap, seperti tempat pakir, toilet, mushola dan warung-warung yang dikelola oleh warga sekitar.
Tiket masuk: Rp. 10.000 , Sabtu – Minggu Rp. 15.000
Lokasi: Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

12. Taman Kyai Langgeng

Tempat wisata di Magelang terbaru dan populer – Taman Kyai Langgeng – (image : https://blog.reservasi.com/)

Taman wisata Kyai Langgeng merupakan salah satu tempat wisata yang memadukan antara wisata alam, edukasi dan permainan.
Di taman seluas 27,5 hektar ini anda dapat melihat aneka koleksi pohon langka, melihat berbagai macam hewan dan bermain di wahana-wahana yang ada.
Wahana-wahana tersebut antara lain wahana edukasi, wahana permainan, wahana air dan wahana religius.
Wahana edukasi dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada pengunjung, seperti edukasi tanaman, edukasi satwa, edukasi dirgantara dan perpustakaan.
Wahana petualangan dirancang untuk hiburan, seperti flying fox, sepeda layang, ayunan langit, bioskop 6 Dimensi, dragon coaster dan lainnya.
Setelah itu ada wahana air atau water park, Water park di Taman Kyai Langgeng biasanya dipadati oleh anak-anak, selain water park disini juga terdapat becak air yang berbentuk angsa.
untuk wahana religi disini terdapat makam Kyai Langgeng yang merupakan seorang ulama yang membantu Pangeran Diponegoro ketika melawan Belanda.
Harga tiket : Senin-Jumat Rp. 24.000, Sabtu/Minggu/Libur Rp. 30.000
Lokasi: Jl. Cempaka No. 6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Demikian ulasan tempat wisata Magelang terbaru dan populer, jika anda sedang berada di kota Magelang tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat wisata diatas.

Leave a Reply