Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru Yang Instagramable

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru Yang Instagramable

Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang terkenal akan tempat wisatanya.
Kota yang pernah menjadi ibukota indonesia pada masa penjajahan Belanda ini memiliki banyak potensi wisata yang banyak sekali. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata pendidikan dan lainnya. Jika anda mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta maka tidak akan cukup sehari untuk menjelajahinya.Untuk itu kami akan mencoba untuk memberikan informasi tempat wisata di Yogyakarta terbaru yang wajib anda kunjungi.

1. Candi Prambanan

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Candi Prambanan (image Jauh Hari.detikcom)

Salah satu wisata budaya yang terkenal di Yogyakarta adalah candi Prambanan.
Candi Prambanan merupakan Candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Sama seperti candi Borobudur Candi Prambanan termasuk situs warisan budaya yang diakui oleh UNESCO.
Pagelaran budaya dengan skala nasional sampai internasional pernah diselenggarakan disini.
Berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No. 16 Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di pinggir jalan Yogyakarta – Solo menjadikan tempat wisata ini mudah ditemukan.
Candi Prambanan berisi pahatan yang menceritakan cerita Ramayana. Kisah antara Rama dan Sinta, yang dimulai dari kelahiran Rama, penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana, serta penyelamatan Dewi Sinta oleh Hanoman. Bagi anda yang menyukai hobi berfoto disini banyak sekali spot foto yang bisa anda explore. Spot foto yang ada antara lain spot candi prambanan dari kejauhan yang bisa anda abadikan di lapangan Siwa Mandala.
Selain itu ada juga Spot Candi Siwa, Spot reruntuhan candi Perwara, dan lainnya. Untuk fasilitas di candi Prambanan sangat lengkap. Mulai dari Food Court, Toilet, Mushola, Tempat berjualan cinderamata semua ada disini.
Harga tiket masuk : Rp. 50.000 untuk dewasa, Rp. 25.000 untuk anak usia 3-10 tahun
Jam buka : 06.00 – 17.00

2. Tebing Breksi

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Tebing Breksi (image www.lotusjavaholiday.com)

Tebing Breksi ini lokasinya dekat dengan candi Prambanan, sekitar kurang lebih 15 Menit jika menaiki motor. Tepatnya di Desa Sambirejo, Kec. Prambanan Kabupaten Sleman.
Jalan masuknya agak sempit jika berpapasan dengan bis besar maka salah satunya harus mengalah ke pinggir dahulu. Tebing Breksi dulunya merupakan tambang batu breksi yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata.
Jika anda ingin melihat pemandangan kota yogyakarta dari atas, disinilah tempat yang cocok untuk melihatnya. Diatas tebing breksi ini anda juga dapat melihat pemandangan kota klaten, Bandar udara Adi Sutjipto, Gunung Merapi, dan lainnya. Bagi anda yang datang pada siang hari disarankan untuk membawa payung jika ingin naik ke tebing breksi. Karena cuacanya yang panas menyengat dapat membuat anda cepat lelah. Untuk anda yang mengelilingi kawasan tebing breksi ini yanpa susah payah, anda juga dapat menyewa ATv ataupun menyewa jeep. Untuk Jeep nya sendiri dapat dinaiki sekitar 4-5 orang. Fasilitas yang tersedia disini juga sudah lengkap antara lain foodcourt, toilet dan mushola.
Harga tiket : Rp. 5000, parkir mobil Rp. 5000, Motor Rp. 2000, Minibus Rp.15.000, Bus Rp. 25.000
Jam buka : 05.00 – 18.00

3. Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Keraton Yogyakarta (image : https://www.kratonjogja.id/)

Keraton Yogyakarta merupakan merupakan istana resmi Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.
Walaupun menjadi istana resmi, keraton ini merupakan salah satu tempat wisata ikonis Yogyakarta. Keraton Yogyakarta dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono 1.
Lokasinya berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan Kec. Kraton, Yogyakarta.
Bagi anda yang berkunjung di Keraton Yogyakarta ini dapat melihat peninggalan sejarah dan koleksi pusaka keraton dari jaman dahulu. Peninggalan tersebut diantaranya adalah kereta kencana, lukisan, benda pusaka, perangkat musik Jawa (gamelan) dan lainnya.
Yang menarik dari keraton Yogyakarta ini adalah setiap hari selalu menampilkan pagelaran seni budaya. Pagelaran seni budaya ini biasanya dimulai mulai pukul 09.30 setiap harinya.
Untuk jadwalnya setiap hari senin-selasa adalah musik gamelan, hari rabu ada pagelaran wayang golek Menak. Hari Kamis ada pertunjukan tari, bagi yang suka tembang macapat bisa datang pada hari jumat. Hari Sabtu anda bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit, dan di hari Minggu ada pertunjukkan wayang orang.
Harga tiket masuk : wisatawan domestik Rp. 7000, Wisatawan mancanegara Rp. 12.500
Jam buka : 08.00-14.00, khusus hari jumat : 08.00-12.00.

4. Malioboro

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Malioboro (image : jogjanesia.com)

Jalan Malioboro jantung dari kota Yogyakarta, karena jalan ono adalah titik nol kilometer kota Yogyakarta. Malioboro sangat terkenal sebagai surga belanja bagi para wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta. Bisa dibilang maliobpro merupakan destinasi wajib bagi para wisatawan.
Jalan yang terletak diantara stasiun tugu dan peempatan kantor pos besar Yogyakarta ini selalu ramai oleh pengunjung. Dari pagi sampai malam hari selalu ramai dengan aktifitas baik pedagang maupun wisatawan.Dita mbah banyaknya hotel dan penginapan murah disekitar jalan Malioboro, menjadikan tempat ini serasa hidup selama 24 jam. Di Malioboro ini ada berbagai macam barang yang dijual, dari baju, celana, batik, tas, gelang, topi dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin berbelanja disini jangan lupa untuk menawar ya, biar bisa belanja banyak, hehe. Selain berbelanja di Malioboro juga dapat dijadikan tempat untuk sekedar nongkrong ataupun berfoto. Dengan adanya pedestrian yang lebar serta bangku-bangku yang desainnya unik dapat menambah kenyamanan para wisatawan.

5. Taman Sari

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Tamansari (image : https://tour-yogyakarta.com/)

Taman Sari Yogyakarta berada berlokasi Jl. Tamanan, patehan Keraton, Yogyakarta.
Bangunannya yang unik dan berbeda dari bangunan keraton menjadikan tempat ini sebagai tempat yang eksotis untuk berfoto. Dimulai dari pintu gerbang yang dindingnya terdapat ornamen-ornamen ukiran yang artistik. Dan ketika kita beranjak ke dalam akan terlihat aura keindahan arsitekturnya. Didalam terdapat 2 buah kolam pemandian dengan airnya yang terlihat kebiruan.
Disekitar kolam terdapat air mancur yang berbentuk kepala naga dan pot bunga besar yang menambah keindahan Taman sari. Untuk jumlah kolam di Tamansari sendiri ada 3 kolam/umbul, yang pertama umbul panguras yaitu kolam untuk raja, yang kedua umbul kawitan untuk para puteri raja, dan yang ketiga adalah umbul pamuncar yang diperuntukkan untuk selir raja. Bagi anda yang ingin berfoto banyak spot menarik yang bisa anda abadikan. Spot tersebut antara lain gapura panggung, gapura agung, umbul binangun, gedung kenongo, sumur gumuling dan pulo kenanga.
Jam buka : 08.00 – 14.00
Harga tiket : Wisatawan Domestik Rp. 5000, Wisatawan Mancanegara Rp. 7000, Kamera Rp. 2000

6. Alun-Alun Kidul

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Alun-alun Kidul Yogyakarta (image : instagram/anstravelphoto)

Alun-alun kidul meripakan salah satu ikon kota Yogyakarta yang terkenal. Sesuai dengan namanya Alun-alun ini terletak disebelah selatan Keraton Yogyakarta.
Alun-alun kidul ini berfungsi sebagai ruang publik bagi warga sekitar kota Yogyakarta maupun wisatawan. Anda dapat mengunjungi alun-alun kidul ini baik pada pagi, sore maupun malam hari.
Di Alun-alun kidul terdapat 2 pohon beringin yang besar, pohon beringin tersebut saling berdampingan namun ada celah diantara keduanya. Bagi wisatawan dapat mencoba ritual laku masangin yaitu berjalan dengan mata tertutup sampai melewati celah diantara kedua pohon beringin tersebut. Untuk anda yang hobi dengan wisata kuliner disini terdapat berbagai macam sajian kuliner yang bisa anda coba. Dengan semakin banyaknya jumlah wistawan yang berkunjung di alun-alun kidul ini bertambah pula fasilitas dan permainan yang disediakan. Seperti becak mini, sepeda tandem, mobil-mobilan ynag dihias dengan lampu led yang bisa anda sewa untuk berkeliling di sekitar alun-alun kidul.
Jam buka : 24 jam
Harga tiket : Gratis

7. Puncak Becici

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Puncak Becici (image : Shutterstock/Mardiya)

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata yang sering menjadi tujuan favorit bagi wisatawan. Hamparan pohon pinus yang berjejer rapi dan tampak asri meyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Dari Puncak becici anda dapat melihat pemandangan gunung Merapi, gunung Merbabu hingga melihat garis pantai laut selatan. Dan jika anda berkunjung pada sore hari menjelang matahari tenggelam, anda dapat melihat panorama sunset diatas gardu pandang yang tersedia.Denga n menikmati pemandangan sinar matahari pada waktu senja diantara hutan pinus yang sejuk dan menenangkan akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi anda.
Lokasi : Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk Kecamatan Dlingo Bantul (Kawaan Hutan Lindung RPH Mangunan).
Tiket masuk : Gratis

8. Pantai Parangtritis

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Pantai Parangtritis (image : https://www.larasatinesa.com/)

Pantai Parangtritis terletak di ujung selatan kota Yogyakarta tepatnya di Kecamatan Kretek Bantul Yogyakarta. Pantai yang terkenal akan ombak besarnya ini mempunyai pemandangan yang indah, terutama saat sore hari ketika matahari mulai tenggelam.
Walaupun sering dikaitkan dengan cerita mistis legenda Nyai Roro kidul tidak mebuat pantai ini sepi oleh pengunjung. Namun sebaiknya pengunjung tetap waspada dan berhati-hatijika sedang berwisata di pantai Parangtritis ini. Untuk fasilitas di pantai parangtritis sudah lengkap mulai dari, toilet, mushola, warung makan dan hotel pun sudah banyak yang berdiri.
Bagi anda dan keluarga jika ingin berkeliling di pantai bisa dengan menyewa bendi, selain bendi juga tersedia ATV yang bisa anda sewa selama 15 menit.
Tiket masuk : Rp. 10.000, Parkir motor : Rp. 2000, Parkir Mobil : Rp 10.000, Sewa ATV 15 menit Rp. 50.000, Sewa Bendi Rp. 20.000/putaran
Jam buka : 24 jam

9. Kebun Teh Nglinggo

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Kebun Teh Nglinggo (image : http://www.dejogjaadventure.com/)

Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Yogyakarta adalah kebun teh Nglinggo.
Kebun teh ini berlokasi di Kulon Progo, tepatnya didusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh Kulon Progo. Area kebun teh ini masih termasuk dalam area perbukitan Menoreh, luasnya sekitar 136 hektar dan memiliki ketinggian sekitar 800 Mdpl.
Kebun teh Nglinggo tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya saja, disini anda juga dapat melihat adat istiadat warga sekitar yang masih dipertahankan sampai sekarang.
Jika anda ingin berkunjung di kebun teh Nglinggo ini sebaiknya anda mempersiapkan stamina tubuh anda, karena dengan trekking yang menanjak akan sedikit menguras tenaga anda.
Akan tetapi meskipun agak menguras tenaga, di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan pemandangan yang akan memanjakan mata. Hamparan kebun teh yang luas berwarna hijau serta ditambah udara yang sejuk dan suasana yang tenang akan dapat menenangkan pikiran anda.
Fasilitas yang tersedia di sini sudah lengkap, seperti mushola, toilet, warung makan, area parkir dan penginapan.
Tiket masuk : Rp. 5000
Jam buka : 07.00 – 18.00

10. Goa Pindul

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Gua Pindul (image : pindulcave.com)

Gunung Kidul merupakan salah satu daerah wisata yang terkenal akan keindahan pantainya.
Tapi jangan salah di Gunungkidul juga terdapat wisata alam lainnya yang tidak kalah indahnya.
Salah satunya adalah Gua Pindul, Gua yang berlokasi di desa Gelaran 1, kelurahan Bejiharjo Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul ini menyuguhkan
aktivitas wisata yang agak menantang, yaitu dengan menyusuri gua dengan melalui sungai bawah tanah.  Aliran sungai bawah tanahnya panjangnya sekitar 350 meter dan lebarnya 5 meter, sedang kan ketinggian permukaan sungai dari atap gua sekitar 4 meter.
Selama menyusuri gua anda akan dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang sudah berusia ratusan tahun.
Pengunjung dapat menyusuri aliran sungai bawah tanah tersebut dengan menaiki ban pelampung dan diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk menyusuri sungai bawah tanah gua Pindul.
Tiket masuk Kawasan : Rp. 10.000, Tiket masuk objek wisata : Rp. 35.000
Jam buka : 06.30 – 17.00

11. Pantai Indrayanti

Tempat Wisata Yogyakarta TerbaruPantai Indrayanti (image : jogjaphoto.com)

Anda suka dengan wisata pantai?jika iya pantai Indrayanti bisa menjadi pilihan anda.
Pantai yang bernama resmi pantai pulang sawal ini terletak di di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul ini sudah terkenal akan keindahannya. Airnya yang jernih, hamparan pasir putihnya yang lembut dan pemandangan perbukitan hijau disekitar pantai adalah nilai tambah dari pantai Indrayanti. Fasilitas yang tersedia di pantai ini terbilang sudah lengkap, ada toilet, mushola, restoran, penginapan dan kafe. Dengan fasilitas yang lengkap tersebut maka pengunjung akan betah berlama-lama ketika berwisata di pantai ini.
Tiket masuk : Rp. 10.000
Jam buka : 24 jam

12. Merapi Park

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Merapi Park (image : twitter @travelokaindonesia)

Merapi Park berlokasi di Jl. Kaliurang Km 22, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Taman buatan ini terdapat miniatur landmark kota-kota besar dunia, seperti Big Ben, Menara Pisa, Menara Eiffel, patung Liberty dan lainnya. Yang menarik miniatur-miniatur tersebut dikelilingi oleh taman bunga yan cantik. Taman bunga yang berwarna-warni dan tertata dengan rapi sangat cocok sebagai latar belakang bagi anda yang hobi berfoto. Di lokasi wisata Merapi Park terdapat 3 area utama, Yaitu Cowboy Town, Kids Waterpark, dan taman ikon dunia. Di area Cowboy Town anda bisa berkeliling dengan menyewa kuda dengan harga sewa Rp. 15.000. Selanjutnya adalah area Kids Waterpark, disini merupakan area khusus anak-anak untuk berenang, biaya masuknya Rp. 10.000. Dan yang terakhir adalah Taman Icon Dunia, disini terdapat banyak icon icon kota besar dunia yang dapat anda gunakan sebagai background foto.
Jam buka : 09.00-16.30, weekend : 08.30 – 17.00
Tiket masuk : Rp. 20.000/orang, kids waterpark Rp. 10.000/orang.

13. Lava Bantal

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Lava Bantal (image : Google Maps/Budi Sutrisno)

Lava Bantal merupakan salah satu kawasan geoheritage yang terdapat di kota Yogyakarta.
Lokasinya berada di Kali Opak, Watuadeg, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta.
Mengapa bisa disebut dengan nama Lava Bantal ya? Kawasan ini bisa disebut dengan lava bantal karena banyaknya batu-batu yang sudah menyatu dibibir kali opak yang bentuknya bertumpuk seperti tumpukan bantal. Batu-batu tersebut sejatinya lava gunung api yang sudah membeku dan sudah terbentuk dari masa jutaan tahun yang lalu. Selain dapat menikmati keindahan lava batu disini pengunjung juga dapat mencoba sensasi tubing di kali Opak. dengan harga sewa Rp. 35.000/ orang pengunjung dapat menyusuri sungai opak dengan jarak sekitar 200 meter, jika anda ingin menyusuri sungai lebih jauhden gan tarif sewa Rp. 55.000 anda dapat menyusuri kali Opak ini sejauh 2 Km yang waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam. Untuk fasilitas disini sudah tersedia mushola, toilet, gazebo, kafe dan area parkir.
Tiket masuk : gratis
Jam buka : 09.00 – 17.00

14. Hutan Pinus Mangunan

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Hutan Pinus Mangunan (image : Foto : inews.id)

Jika anda menyukai tempat wisata yang instagramable, hutan pinus Mangunan mungkin dapat menjadi pilihan anda. Area hutan yang hijau dan pohon pinus nya yang menjulang tinggi sangat menarik untuk dijadikan spot foto.M aka tak heran jika hutan pinus ini sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto prewedding. Dengan latar belakang daun pinus yang berguguran dan buahnya yang berserakan di tanah dapat menambah keindahan foto anda. Untuk waktu berfoto yang terbaik disarankan anda untuk datang agak pagi atau waktu menjelang sore, karena diwaktu-waktu tersebut sinar matahari akan datang dari samping pohon dan menembus melalui celah-celah batang pohon pinus sehingga semakin menambah dramatis hasil foto anda.
Lokasi : Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul
Tiket masuk : gratis
Jam buka : 06.00 – 17.30

15. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Gunung Api Purba Nglanggeran (image : mihera khaerani )

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu ikon wisata di daerah Gunungkidul.
Terletak di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul,Gunung ini sudah ditetapkan sebagai salah satu anggota Geopark Gunung Sewu oleh UNESCO.
Disebut gunung berapi purba karena gunung ini pada jutaan tahun lalu merupakan sebuah gunung berapi yang aktif.Akan tetapi pada  saat ini gunung Nglanggeran sudah mati atau tidak aktif lagi dan sudah menjadi fosil gunung Merapi.
Bagi anda yang mempunyai hobi naik gunung mungkin rute gunung ini tidak terlalu menantang, karena ketinggian gunung ini hanya 700 Mdpl. Dan hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk mendakinya. Begitu anda sampai di puncak gunung akan terlihat pemandangan yang indah, tampak dari kejauhan terlihat embung Nglanggeran. Puncak gunung Nglanggeran merupakan tempat favorit bagi pengunjung yang ingin berkemah dan ingin menikmati panorama sunrise dan sunset.
Tiket masuk : wisatawan domestik Rp15.000 (siang) dan Rp20.000 (malam), Wisatawan Mancanegara Rp30.000 (siang malam)
Jam buka : 24 jam

16. Pantai Ngobaran

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Pantai Ngobaran (image : alannobita.blogspot.com)

Daerah Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang terkenal akan wisata pantainya.
Salah satu pantai yang wajib anda kunjungi adalah pantai Ngobaran.
Pantai ini berlokasi di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan perpaduan antara wisata alam dan budaya menjadikan pantai ini lebih menarik, disini pengunjung dapat menemukan bangunan Pura sebagai
tempat ibadah bagi umat Hindu. Pantai Ngobaran berada di atas bukit dan banyak batuan karang yang berada dibawahnya. Jika anda ingin turun di bebatuan karang tersebut anda dapat menuruni bukit melalui tangga yang sudah dibangun oleh pihak pengelola.
Dibawah banyak terdapat rumput laut yang menghijau diatas batu karang, jangan lupa tetap berhati-hati ya, sebab disini ombaknya cukup besar dan diharapkan pengunjung selalu waspada.
Banyak spot foto yang menarik di Pantai Ngobaran, seperti bangunan pura dan arca khas Bali, panorama laut dari atas tebing, dan spot foto di batu karang dibawah tebing.
Disini anda juga dapat mencicipi hidangan laut yang jarang ditemukan ditempat lain yaitu landak laut, hewan berduri ini memang banyak ditemukan di Pantai Ngobaran. Bagaimana menarik bukan? Pantai Ngobaran sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan liburan akhir pekan.
Tiket masuk : Rp. 5000
Jam Buka : 24 jam

17. Pantai Sundak

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Pantai Sundak (image : https://paketwisata.id/)

Pantai Sundak terkenal akan pasir putihnya dan air lautnya yang jernih.
Dinamakan Pantai Sundak karena konon pada jaman dahulu ada perkelahian antara anjing (Asu dalam bahasa Jawa) dan landak dan disingkat menjadi Sundak.
Walaupun pantai ini berpasir putih dan mempunyai air yang jernih para anda tidak dapat berenang dengan bebas, karena dibawah pasir tersebut tedapat batu-batu karang kecil yang tajam.
Sehingga jika tidak berhati-hati dapat membuat luka kaki anda. Tapi jangan risau walaupun tidak dapat berenang anda dapat berjalan menyusuri pantai sambil mencari spot foto yang menarik.
Anda bisa melihat banyak hewan-hewan kecil dan ikan yang berenang di sekitar bebatuan pantai.
Jika anda merasa lelah terdapat gazebo yang bisa anda sewa, anda dapat beristirahat sambil menikmati keindahan panorama pantai. Dan jika merasa lapar jangan khawatir disini juga terdapat rumah makan yang menyajikan menu seafood yang pasti dapat mengenyangkan perut anda.
Tiket masuk : Rp. 5000
Jam buka : 24 jam

18. Kaliurang

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Kaliurang (image : njogja.co.id)

Taman wisata Kaliurang berlokasi di Jl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini berada di lereng gunung Merapi. Disini anda dapat melihat pemandangan gunung Merapi dengan jelas, asalkan ketika tidak terdapat banyak kabut. Udara yang sejuk dan banyak pepohonan yang rindang cocok bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu liburan.
Anda dapat membawa tikar dan masakan dari rumah dan menikmati masakan tersebut bersama keluarga dibawah pohon yang rindang, menyenangkan bukan?
Selain itu bagi anda yang menyukai kegiatan outbound disini juga terdapat flying fox dan rumah pohon. Jangan lupa jika anda sedang berkunjung disini untuk membeli jajanan khasnya yaitu jadah tempe, sangat cocok dinikmati ketika udara sedang dingin.
Ada juga menu lain yang tak kalah enaknya yaitu sate donal dan nasi klenyer.
Tiket masuk : Rp. 8000
Jam buka : 08.00-16.00

19. Monumen Jogja Kembali

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Monumen Jogja Kembali(image : https://id.wikipedia.org/) 

Jika anda sedang menyusuri jalan Ringroad utara Yogyakarta pasti anda akan melihat sebuah bangunan yang berbeda dari bangunan lainnya. Bangunan tersebut berbentuk kerucut seperti tumpeng dan berwarna putih, jika anda belum tahu bangunan inilah bangunan Monumen Jogja Kembali. Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa heroik yaitu perjuangan untuk merebut kembali kota Jogja dari penjajahan Belanda.
Monumen Jogja Kembali didirikan pada tanggal 29 Juni 1985, dan luasnya sekitar 5,6 hektar. Yang unik dari bangunan ini adalah jika dilihat dari atas akan terlihat berada satu garis lurus dengan Keraton Yogyakarta, Tugu Jogja, dan Gunung Merapi.
Bangunan Monumen Jogja Kembali terdiri dari 3 lantai. Pada lantai pertama merupakan museum, disini terdapat replika, foto dan benda bersejarah yang berkaitan dengan perebutan kota Jogja.
Pada lantai 2 terdapat relief yang menggambarkan peristiwa perjuangan bangsa mulai dari 17 Agustus 1945 hingga 28 Desember 1949. Dan yang terakhir lantai 3 adalah tempat hening berbentuk lingkaran disini terdapat tiang bendera yang dipasangi bendera merah putih di tengah ruangan, relief gambar tangan yang menggambarkan perjuangan fisik ada pada dinding sebelah barat dan perjuangan diplomasi ada pada dinding sebelah timur.
Lokasi : Jalan Ring Road Utara, Kelurahan Jongkang, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman
Tiket masuk : Rp. 10.000
Jam buka : Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu 08.00 – 16.30 WIB

20. Kebun Binatang Gembiraloka

Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru – Kebun Binatang Gembiraloka (image :  https://joss.co.id)

Kebun binatang Gembiraloka terletak di jalan Kebun Raya Nomor 2, Rejowinagun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Selain berfungsi sebagai kawasan konservasi hewan, pada kebun binatang ini juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti wahana permainan dan pertunjukan pentas seni tradisional.
Di kebun binatang ini terdapat aneka satwa mulai dari harimau, orang utan, gajah, berbagai macam burung, buaya, singa, unta, angsa, pinguin dan masih banyak yang lainnya.
Anda bisa mengelilingi dan melihat hewan-hewan tersebut dengan berjalan kaki, tidak usah khawatir jika hari sedang panas, karena disini banyak terdapat pohon-pohon besar yang rindang.
Jadi jika kita sedang berkeliling tidak akan kepanasan.Jika sudah puas melihat binatang-binatang selanjutnya anda dapat mencoba berbagai wahana yang tersedia.
Wahana yang ada disini antara lain Onta Tunggang, Petting Zoo, Zoo Express, Ninebot, Gajah Tunggang, Kolam sentuh, Kolam Tangkap, ATV, Terapi Ikan, Perahu Kayuh, Skuter Air, Taring (Transportasi Keliling), dan Bumper Boat.
Bagaimana, banyak sekali kan wahana yang ada? mungkin diperlukan waktu seharian jika anda ingin mencoba semua wahana tersebut.
Maka tidak salah jika anda mulai merencanakan untuk berlibur di Kebun Binatang Gembiraloka ini.
Tiket masuk : Rp. 30.000 weekday dan Rp. 35.000
Jam buka : 07.30 WIB – 17.30

Leave a Reply