TIPS LIBURAN SERU BARENG KELUARGA

TIPS LIBURAN SERU BARENG KELUARGA

Ilustrasi Liburan Keluarga (image : https://datenightguide.com)

Miroopapaer.com – Libur panjang? Sepertinya kurang lengkap ya kalau tidak merencanakan pergi berlibur. Terlebih jika pergi berlibur bersama seluruh anggota keluarga. Pasti seru dan menyenangkan.

Nah, Ayah Bunda ingin mengajak putra putri pergi berlibur? Jangan sampai deh acara liburannya jadi berantakan karena hal yang sepele.

Untuk itu persiapkan dengan matang rencana liburan bersama keluarga. Simak tips berikut di bawah ini ya.

1. RENCANAKAN TANGGAL DAN WAKTU

Tidak ada salahnya juga pergi berlibur secara mendadak, terlebih jika jadwal pekerjaan Ayah atau Bunda tidak menentu atau bahkan di tanggal merah tetap harus bekerja.

Namun, akan lebih baik jika Ayah dan Bunda merencanakan tanggal keberangkatan.

Jika terpaksa harus berangkat, misal bukan pada saat hari Minggu atau hari Libur, pastikan jadwal pergi berlibur yang Ayah Bunda tentukan tidak mengganggu jadwal sekolah putra putri Anda.

Menentukan waktu liburan juga tak kalah penting. Bila bertepatan dengan hari libur, Ayah Bunda harus siap dengan kondisi di lokasi tujuan wisata yang akan terasa kurang nyaman karena bisa dipastikan akan penuh.

Bila tidak bertepatan dengan hari libur, pastikan juga cuaca di tujuan wisata dalam kondisi cerah. Selalu cek prakiraan cuaca di lokasi tujuan wisata, memang prakiraan cuaca belum tentu akurat tetapi paling tidak pada jam-jam tertentu, Ayah Bunda bisa memperkirakan sendiri nyaman tidaknya cuaca pada saat Ayah Bunda berkunjung ke lokasi, terlebih jika Ayah Bunda mengajak putra putri Anda.

2. TENTUKAN TUJUAN SECARA AKURAT

image : https://pixy.org/

Dengan menentukan tujuan wisata dengan akurat, paling tidak Ayah Bunda telah memanfaatkan waktu secara efisien dan tidak membuang waktu di perjalanan.

Jika ada waktu tersisa sepanjang perjalanan, bisa digunakan untuk mengunjungi objek wisata lainnya, diluar yang sudah direncanakan.

Ayah Bunda bisa mencari referensi tempat wisata dari berbagai sumber, misal dari internet, referensi teman, dan lain-lain.

Pastikan juga tujuan wisata yang Ayah Bunda tentukan sesuai dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga.

3. PERSIAPKAN ALAT TRANSPORTASI

image : www.sfcta.org

Menentukan alat transportasi yang tepat menjadi faktor terpenting penunjang liburan Ayah Bunda. Sesuaikan alat transportasi dengan tujuan Ayah Bunda agar perjalanan terasa nyaman.

Bila menggunakan alat transportasi pribadi seperti mini bus atau motor, pastikan kondisinya dalam keadaan prima. Selalu bawa ban cadangan jika memutuskan menggunakan mini bus pribadi dan jangan lupakan kotak P3K ya, Ayah Bunda.

Koordinasikan dengan pemilik mini bus jika Ayah Bunda memilih untuk menyewa mini bus alih-alih menggunakan kendaraan pribadi.

Komunikasikan masalah biaya, lama sewa yang harus disepakati oleh kedua belah pihak.

Pastikan selalu cek kondisi kendaraan yang Anda sewa bersama-sama dengan pemilik perusahaan travel sebelum keberangkatan untuk menghindari masalah setelah unit dikembalikan.

Bila menggunakan alat transportasi publik, selalu pesan tiket jauh-jauh hari, bila perlu pesanlah melalui aplikasi online yang menyediakan fasilitas bebas biaya pembatalan jika Ayah Bunda tiba-tiba harus memutuskan untuk mengganti jadwal keberangkatan atau jenis transportasi.

4. ESTIMASI BIAYA

image https://www.indonesia.go.id/

Faktor terpenting lainnya adalah persiapan finansial.

Hitung estimasi biaya secara keseluruhan mulai dari biaya transportasi, tiket masuk, makan minum, biaya penginapan jika memutuskan untuk menginap, dan biaya tak terduga lainnya. Jangan terlalu banyak membawa uang tunai, untuk menghindari resiko hilang selama perjalanan. Bawalah bekal seperti buah-buahan, roti, dan air mineral selama perjalanan menuju lokasi tempat wisata untuk menghemat biaya.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai estimasi biaya yang harus dikeluarkan selama Ayah Bunda berwisata.

Rajinlah mencari informasi potongan harga bila Ayah Bunda memakai kartu kredit atau carilah informasi mengenai promo-promo menarik yang ditawarkan di tempat wisata dan manfaatkan.

Bila harus menginap, Ayah Bunda bisa memanfaatkan rumah Saudara yang ada di kota yang sama. Atau gunakan aplikasi online untuk mencari harga penginapan yang sesuai dengan budget yang Ayah Bunda miliki.

5. PERSIAPKAN KONDISI FISIK & PSIKIS

image https://www.indosport.com/

Apa artinya berwisata jika kondisi badan sedang tidak fit? Pasti tidak akan terasa nyaman, belum lagi jika kondisi tersebut mengganggu anggota keluarga lainnya yang mengikuti perjalanan wisata bersama.

Jadi, pastikan sebelum jadwal keberangkatan Ayah Bunda tiba, kondisi fisik & psikis Ayah Bunda dalam keadaan sehat. Selain itu kondisi fisik & psikis yang terlalu lelah juga bisa berakibat fatal, terlebih jika yang sakit memegang peranan penting selama perjalanan, misal sang Ayah yang harus mengendarai kendaraan bermotor.

Untuk itu, jaga kondisi fisik & psikis Ayah Bunda sebelum keberangkatan dengan beristirahat yang cukup, makan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan konsumsi vitamin.

 

 

 

 

Leave a Reply