Warung Lontong Tuyuhan di Semarang Yang Wajib Anda Coba

Warung Lontong Tuyuhan di Semarang Yang Wajib Anda Coba

Lontong Tuyuhan adalah salah satu kuliner khas dari kota Rembang yang mirip dengan opor.
Akan tetapi tidak seperti opor, Lontong Tuyuhan mempunyai kuah yang sedikit pedas.
Yang khas dari Lontong Tuyuhan adalah bentuk lontongnya, jika pada umumnya lontong
berbentuk tabung, Lontong Tuyuhan berbentuk segitiga. Kuliner warisan Sunan Bonang ini berasal
dari Desa Tuyuhan di Kota Rembang, menurut cerita pada jaman dahulu ketika Sunan Bonang sedang mensyiarkan agama Islam ada seseorang yang bernama Blancak Ngijo yang selalu menentang dakwahnya. Pada suatu hari Sunan Bonang ingin bertemu dengan Blancak Ngijo dan ingin mengajaknya berbincang. Pada saat itu kebetulan Blancak Ngijo sedang berda di tengah sawah sambil menikmati lontong kuah kuning yang dilengkapi dengan daging ayam. Melihat kedatangan Sunan Bonang sontak Blancak Ngijo merasa kaget, dan langsung lari hingga terkencing-kencing dalam bahasa jawanya kuyuhan.
Sejak saat itu Sunan Bonang menamai daerah tersebut desa Tuyuhan. Bagi anda yag ingin mencicipi kuliner lezat ini jangan khawatir, jika anda sedang berada di Kota Semarang dapat juga mencicipi kuliner ini lho, berikut warung lontong tuyuhan yang berada di kota Semarang yang bisa anda kunjungi.

1. Lontong Tuyuhan Pak Djadi

Warung lontong tuyuhan yang ada di Semarang – Lontong Tuyuhan Pak Djadi (image : https://jateng.tribunnews.com/)

Warung lontong tuyuhan yang ada di Semarang yang pertama adalah warung pak Djadi.
Warung ini terletak di Jl. Kedungmundu Raya, letaknya setelah tanjakan jalan Tol ke arah Pedurungan.
Sebelum pindah tempat dulu warung ini menempati petak kecil di pinggir jalan, kini setelah pindah
warung ini menjadi lebih luas dan mampu memuat banyak pengunjung. Disini anda dapat mengambil sendiri lauk yang diinginkan, ada tahu, tempe, jerohan, dan daging ayam. Dan telah disediakan 2 piring masing-masing untuk lauk dan lontongnya. Untuk ayamnya sendiri warung lontong tuyuhan pak Djadi menggunakan ayam kampung yang tentu saja rasanya lebih enak. Kuahnnya yang agak pedas, gurih dan segar dapat menambah selera makan anda.
Untuk harganya tergantung dari lauk yang anda pilih, mulai dari Rp. 16.000.
Jam buka: 10.00 – habis

2. Lontong Tuyuhan Pak Di

Warung lontong tuyuhan yang ada di Semarang – Lontong Tuyuhan Pak Di (image : Instagram/ny.rempong)

Warung lontong tuyuhan selanjutnya adalah warung Lontong Tuyuhan Pak Di.
Warung ini juga berlokasi di jalan Kedungmundu Raya, tepatnya di depan PDAM Kedungmundu.
Walaupun warungnya agak kecil, akan tetapi untuk rasanya sendiri juga tidak kalah dengan yang lain.
Untuk kuah di warung ini tidak terlalu pedas, untuk ayamnya sendiri menggunakan ayam kampung, karena dimasak lama dagingnya relatif empuk dan mudah untuk dimakan. Harga seporsi lontong tuyuhan Pak Di mulai dari Rp. 22.000
Jam buka : 10.00 – 17.00

3. Lontong Tuyuhan Pak Kholin

Warung lontong tuyuhan yang ada di Semarang – Lontong Tuyuhan Pak Kholin (image : https://lontong-opor-tuyuhan-pak-kholin.business.site/)

Jika warung lontong tuyuhan sebelumnya selalu berada di daerah Semarang Timur, untuk warung lontong tuyuhan kali ini berada didaerah Semarang Utara, tepatnya di jalan Dorang Semarang.
Lontong Tuyuhan pak Kholin sudah buka sejak tahun 2003. Setiap jam makan siang, warung ini selalu penuh, dan pelanggan disini rata-rata adalah para pegawai dan mahasiswa. Yang membedakan lontong tuyuhan Pak Kholin adalah adanya tambahan sambel dan lauk sate. Kuahnya gurih, segar tapi tidak terlalu pedas, maka dari itu disediakan juga sambel sebagai tambahan untuk anda yang menyukai masakan pedas. Untuk harganya, seporsi lontong tuyuhan disini relatif lebih murah, mulai dari harga Rp. 12.000 anda sudah dapat menikmati kelezatan lontong tuyuhan Pak Kholin.
Jam buka : 10.00 – 15.00

 

 

 

 

Leave a Reply