Wedang Ronde Jago, Wedang Ronde Legendaris di Kota Salatiga.

Wedang Ronde Jago, Wedang Ronde Legendaris di Kota Salatiga.

Wedang Ronde Jago, Wedang Ronde Legendaris di Kota Salatiga – image : instagram/dyana_triwara/

Miroopaper.com – Kota Salatiga merupakan salah satu kota destinasi wisata di Jawa Tengah.
Kota yang berhawa dingin ini juga mempunyai berbagai macam kuliner yang pastinya menggugah selera anda. Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan, semuanya mempunyai rasa yang enak dan pastinya harganya yang murah.
Salah satu kuliner yang terkenal dari kota Salatiga adalah Wedang ronde, kuliner yang merupakan adaptasi dari kuliner Cina ini mempunyai penggemar tersendiri. Salah satu warung wedang ronde yang legendaris di kota Salatiga adalah wedang ronde Jago.

Mulai Buka Tahun 1964

Wedang ronde Jago mulai buka sejak tahun 1964, sudah lama bukan? Mengapa bisa dinamakan wedang ronde Jago? Hal ini disebabkan karena pada awalnya warung ini merupakan warung yang juga menjual jamu. Mungkin karena namanya yang mudah diingat akhirnya sampai sekarang nama wedang ronde jago masih digunakan. Pada tahun 1965 wedang ronde jago sempat tutup selama 3 tahun dan pada tahun 1968 mulai buka lagi sampai saat ini.

Lokasi

Wedang Ronde Jago, Wedang Ronde Legendaris di Kota Salatiga – image :  jateng.tribunnews.com

Warung wedang ronde jago berlokasi di jalan Jenderal Sudirman No. 9 Salatiga. Tepatnya di belakang pos polisi pasar raya Salatiga. Jika anda berkunjung di warung wedang jago ini di dindingnya banyak dihiasi pigura yang berisi tanda tangan dan foto para artis yang pernah berkunjung.
Saat ini pengelola warung ini adalah Airlangga Setia Darma Putra yang merupakan generasi keempat dari pendiri warung wedang ronde jago. Walaupun sudah dikelola oleh generasi keempat namun jangan khawatir untuk rasanya masih sama seperti dulu. Untuk isiannya masih sama seperti dulu dan rasanya juga masih juara dengan kuah jahenya yang mantap rasanya.

Menu Andalan

Ronde Spesial – Wedang Ronde Jago, Wedang Ronde Legendaris di Kota Salatiga – image : instagram/pakh/

Salah satu menu andalan di warung ini adalah wedang ronde sekoteng. Wedang ronde sekoteng mempunyai banyak khasiat seperti untuk kesehatan lambung dan juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Ramuannya sendiri terdiri dari jahe, ronde, gula, kacang goreng, sagu delima, kolang-kaling, manisan jeruk, manisan tangkweh dan rumput laut.
Untuk tingkat kepedasan dari kuah jahe anda juga dapat menyesuaikan dengan keinginan, mulai dari pedas, sedang atau bisa juga tanpa jahe sama sekali.
Seporsi wedang ronde sekoteng disajikan panas-panas. Semerbak aroma jahenya terhirup segar menggoda. Kacang goreng dan kolang-kaling menjadikan sajian wedang ronde sekoteng lebih berwarna.
Saat digigit tekstur ronde yang dibuat dari tepung ketan ini terasa kenyal di mulut. Isinya yaitu kacang tanah yang digerus bersama gula pasir.
Jika anda tidak suka wedang ronde yang hangat, disini anda juga dapat memesan wedang ronde dingin.
Anda ingin mencoba wedang selain ronde? disini juga menyediakan ronde kacang tanah yang tak kalah enak rasanya. Perbedaan dari ronde sekoteng adalah ronde kacang tanah tidak menggunakan kuah jahe, sebagai ganti kuah jahe adalah kuah dari sari kacang tanah yang nikmat.Warnanya seperti susu akan tetap jangan salah wedang ini sebenarnya tanpa susu lho. Warna putihnya berasal dari endapan lemak kacang yang direbus.Rasanya manis dan gurih karena ada campuran rempahnya.

Harga dan Jam Buka

Untuk harga seporsi wedang ronde jago mulai dari Rp. 13.000 sampai Rp. 15.000.
Sebagai teman menikmati wedang ronde disini juga menyediakan berbagai macam kudapan, seperti batagor, kue koya, pia dan gula kacang.
Kedai Ronde Jago buka dari sore pukul 14.00 WIB sampai malam pukul 21.30 WIB.
Maka dari itu jika anda sedang berkunjung ke kota Salatiga tidak ada salahnya untuk mampir mencicipi wedang ronde sekoteng jago ini ya.

 

 

Leave a Reply